Tuesday, July 3, 2012

Isolasi Trimiristin dari Biji Pala

Halo apa kabar sobat? Pada posting kali ini saya akan membahas salah satu topik yang mungkin agak aneh bagi sobat, yaitu isolasi bahan alam. Tulisan di bawah ini merupakan kutipan dari diktat praktikum kimia organik di kampus saya. Oke sobat, inilah cara isolasi trimiristin dari biji pala.

Trimiristin merupakan suatu trigliserida yang banyak terkandung dalam biji buah pala (Miristica fragrans). Isolasi trimiristin ini dapat dijadikan suatu contoh sederhana dari isolasi senyawa bahan alam yang biasanya memakan waktu dan sangat rumit, karena sering tercampur dengan senyawa-senyawa sejenis di dalamnya. Kandungan trimiristin dalam biji pala cukup tinggi sehingga bisa diperoleh dengan cara ekstraksi eter yang sederhana dan kristalisasi.

Bila trimiristin dihidrolisis, maka akan terbentuk asam miristat dan gliserol. Reaksi hidrolisis dapat berlangsung dalam suasana asam atau basa, dimana hidrolisis dapat dilakukan dengan alkohol. Trimiristin adalah trigliserida yang tidak memiliki ikatan rangkap sehingga strukturnya teratur dan mampat.

Suatu cara yang sering dilakukan dalam pemisahan senyawa organik dari campurannya adalah ekstraksi cair-cair, yaitu pemisahan suatu zat berdasarkan perbandingan distribusi zat tersebut yang terlarut dalam dua pelarut yang tidak saling melarutkan. Hampir dalam semua reaksi organik, proses pemurniannya selalu melalui proses ekstraksi. Pelarut yang biasa dipakai adalah eter, suatu pelarut yang inert, mudah melarutkan senyawa organik, titik didih rendah dan mudah dipisahkan kembali dengan cara evaporasi atau distilasi sederhana.

Ekstraksi terbagi menjadi dua yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Ekstraksi jangka pendek , contohnya adalah ekstraksi cair-cair menggunakan corong pisah. Ekstraksi jangka panjang memerlukan alat tertentu dan disertai pemanasan. Ekstraksi ini biasa dilakukan untuk memisahkan bahan alam yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan atau hewan. Alat yang diperlukan adalah ekstraktor soklet. Bahan yang akan diekstrak diiris halus atau ditumbuk kemudian dibungkus kertas saring kemudian dimasukkan ke dalam alat soxhlet. Soxhlet dihubungkan dengan labu yang berisi pelarut kemudian dipanaskan. Bila pelarut mendidih, uap pelarut naik ke pendingin kemudian uap mengembun turun masuk ke dalam alat soxhlet dan akan melarutkan zat yang diinginkan. Bila larutan dalam alat soklet sudah memenuhi pipa cabang alat soxhlet, maka larutan akan mengalir ke bawah masuk kembali ke dalam labu, demikian seterusnya. Satu kali perputaran pelarut dinamakan satu sirkulasi. Pemanasan dilakukan sampai terlihat larutan di dalam soxhlet semakin bening. Biasanya pemanasan dilakukan selama 2-5 jam. Setelah proses ekstraksi selesai larutan yang tertampung di dalam labu dipisahkan untuk mendapatkan senyawa yang diinginkan.

Begitulah cara isolasi trimiristin dari biji pala. Semoga menambah ilmu sobat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 2:27 PM
Kategori:

1 Komentar:

  1. Isolation of natural materials is important if your want a truly organic meal. It is also used by companies to produce oil and other materials that we use in cooking. Going organic is the way that we can go back to being healthy like our ancestors were.

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus