Saturday, June 30, 2012

Objek Wisata Kabupaten Wonosobo



Jika kawan belum mengetahui, sebenarnya di Jawa Tengah terdapat satu kabupaten yang sangat potensial di bidang pariwisata. Kabupaten itu terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Tengah, jika kawan mengamatinya dalam peta. Itulah Kabupaten Wonosobo. Kabupaten yang memiliki jargon ASRI (Aman, Sehat, Rapi, Indah) ini mempunyai udara yang sangat bersih dan sejuk. Terletak di dataran tinggi, kabupaten Wonosobo mempunyai hawa yang segar layaknya pegunungan.
Objek wisata di Wonosobo amatlah banyak. Jika kawan berkunjung ke sana, rasanya tak pernah habis objek wisata yang akan dikunjungi. Beberapa objek wisata kabupaten Wonosobo yang akan dibahas di sini adalah yang saya kunjungi kemarin. Sangat luar biasa. Untuk meyakinkan kawan-kawan, saya sertakan foto-fotonya.
Objek wisata tersebut antara lain Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Kebun Teh Tambi, dan Telaga Warna. Ayo kita bahas satu per satu.

1. Kawah Sikidang.
Kawah Sikidang terletak di dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau). Jika kawan ingin ke kawah Sikidang, kawan bernjak dari pusat kota Wonosobo (Alun-Alun) kemudian ke utara sampai jalan Dieng. Telusuri jalan Dieng sampai kawan menyaksikan hamparan dataran tinggi yang menakjubkan. Jangan gundah gulana di perjalanan, karena di kanan kiri jalan ada pemandangan yang menakjubkan. Kawan bisa menikmati indahnya kebun kentang, pohon carica, dan kebun teh yang mungkin tidak kawandapatkan sehari-hari.

Kawah Sikidang ada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Setelah kawan mengunjungi kawah, ada baiknya kawan singgah di warung sekitar yang menjual tempe kemul. Sajian enak dan hangat khas Dieng ini asyik untuk disantap disana karena udara sangat dingin.

Mau masak telur? Gratis, langsung makan.

2. Candi Arjuna
Candi Arjuna juga terletak di Datarn Tinggi Dieng. Walaupun candinya tidak begitu besar, namun candi ini memiliki suatu hal yang menarik yaitu berupa kompleks. Jadi ada satu area yang berisi banyak candi. Bukan itu saja, pemandangan yang luar biasa eksotis ada di sekeliling candi. Jalanan dan taman yang bersih semakin menarik untuk berfoto. Siap-siap aja kawan narsis di sini.

Pemandangan indah di Candi Arjuna



3. Telaga Warna
Untuk melihat danau yang mempunyai banyak warna, tidak usah jauh-jauh pergi ke Danau Kelimutu di puncak Rinjani. Di Wonosobo juga ada yang seperti tu, yang bernama Telaga Warna. Yap, telaga arna mempunyai warna yang dominan yaitu biru cyan. Jangan slah, danau ini alami dengan warna seperti tiu. Untuk menikmati suasana danau, ada jalan kecil di pinggiran danau. Karena danaunya tidak begitu luas, kawan bisa mengelilingi telaga warna. Mungkin hanya butuh waktu 1-2 jam untuk mengitarinya.

Telaga warna Wonosobo, bukan danau Kelimutu


4. Kebun Teh Tambi
Menikmati kebun teh, bukan hanya dapat dirasakan di Puncak, Bogor. Di Wonosobo, ada areal kebun teh sekitar 2000 hektar yang luar biasa indah. Di kebun teh Tambi, kawan dapat menikmati segarnya hawa pegunungan, sekalian melihat para pemetik teh yang tangannya terampil. Kawan dapat membeli teh hasil panen di Tambi dengan harga yang murah. Tehnya enak dan khas. Luar biasa nikmat.

Asri, sejuk, indah, segarnya kebun teh Tambi

Itulah sebagian kecil objek wisata Kabupaten Wonosobo.
Selamat liburan.

Ditulis Oleh : Mas Win // 8:21 AM
Kategori:

1 Komentar:

  1. bosan dengan wisata yang biasa- biasa saja,mungkin warna warni petualangan liburan berikut patut anda coba untuk reverensi . . .

    a feel colourful of adventures
    site : www.arungjeramserayu.com

    pin:3135D400
    telp : (0286) 5833313
    mobile: +6285247097777

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus