Sunday, December 19, 2010

Fenomena Menarik Tentang Hujan

Kita sebagai penduduk negara Indonesia pantasnya sangat bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya. Indonesia merupakan negara tropis. Negara tropis setiap tahun pasti ada kiriman hujan dari langit. Itu merupakan rezeki yang luar biasa. Walaupun sekarang musim hujan sudah tak menentu waktunya, tak seperti dulu lagi. Mungkin hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan iklim kali ya? Nah, sebenarnya ada banyak hal unik yang tersembunyi di balik turunnya hujan. Sobat mau tahu? Kita simak di bawah ini:

1. Rata-rata kecepatan hujan turun adalah 8-10 km/jam.
Tidak secepat yang seperti kita bayangkan bukan? Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang relatif rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan terdesain berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan yang menghambat kecepatan hujan, maka bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan. Betapa mengerikan.

2. Ketinggian minimal awan hujan adalah 1.200 meter.
Awan hujan sering disebut sebagai awan Genus Nimbostratus berpotensi terhadap curah hujan frontal. Awan tersebut minimal mempunyai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Meskipun begitu, ada juga awan hujan di ketinggian 10.000 meter.

3. Dalam rentang waktu satu detik, air menguap sebanyak 16 juta ton.
Jumlah yang sangat dahsyat. Sobat bisa bayangkan betapa banyaknya air 16 juta ton. Air sebayak itu menguap setiap detik pasca hujan. Jumlah ini sama dengan jumlah hujan yang turun tiap detiknya. Sebuah kebesaran Tuhan, air berdaur dengan begitu hebatnya.

4. Butiran air hujan mengalami perubahan bentuk ratusan kali.
Selama perjalanan di udara, tetes-tetes air hujan senantiasa mengalami perubahan bentuk. Diperkirakan air hujan akan mengalami ratusan kali perubahan bentuk jika turun dari langit. Dan jika butiran itu dibekukan, akan terbentuk suatu kristal yang sangat indah.

5. Bau wangi setelah hujan.
Tak disangka, sesaat setelah hujan turun, rumput, ilalang, dan tanah mengeluarkan bau khas yang wangi. Bau ini terbentuk dari senyawa yang dinamakan "Petrichor".

6. Hujan berhubungan dengan perasaan.
Dan fakta terakhir yang paling misterius dan mengejutkan ilmuwan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan bahwa di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang dilanda rindu.
Dan pada titik ini, para ilmuwan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi saat hari hujan.

Seperti itulah fenomena nyata tentang hujan. Sangat menarik, bukan?
Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 10:43 PM
Kategori:

3 Komentar:

  1. Yes...yg menarik lagi buatku, ambil slimut..tidurrr...hehhhehee...hujan selalu menyenangkan jika tak terlampau besar dan banjir....

    ReplyDelete
  2. I love hujan deh...
    Sesuai dengan fakta terakhir, memang saat hujan adalah saat yang tepat untuk merenung, melamun, atau memikirkan tetang kenangan-kenangan masa silam... :D

    O ya, I love hujan kalo ujannya tengah malam... Kalo siang bisa berabe semua urusan

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    ReplyDelete
  3. @Belantara Indonesia: sip. memang hujan adalah rahmat yang indah sob . . .
    @Denuzz BURUNG HANTU: setuju banget . . . .

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus