Tuesday, October 19, 2010

Teknologi Air Minum Reverse Osmosis

Kata osmosis sering sekali kita dengar. Bila sobat belum tahu, osmosis merupakan perpindahan cairan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah melalui membran semipermeabel. Sedangkan Reverse Osmosis (RO) adalah kebalikan dari osmosis, yaitu perpindahan zat (larutan) dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi melalui sebuah membran. Teknologi reverse osmosis ini digunakan untuk pemurnian air. Dengan teknologi RO, bahkan air laut pun bisa dimurnikan untuk diminum. Bagaimana cara kerja RO?

Sebelum di dorong ke membran, prinsip kerja sistem RO melalui beberapa tahap filtrasi (penyaringan) antara lain cartridge (sediment), karbon blok, dan karbon granular. Kemudian, air dipaksa didorong untuk melewati membran dengan lebar pori-pori sekitar 0,0001 mikron (setara dengan 1 helai rambut dibagi menjadi 500.000 bagian). Air yang dapat melewati membran tersebut, maka itulah air yang murni, karena dimungkinkan membran tersebut dapat menyaring berbagai bakteri, virus, dan bahan-bahan kimia berbahaya (termasuk logam berat). Jika tak dapat melewati membran tersebut, maka air itu akan dipinggirkan.

Banyak yang mengatakan, bahwa air RO adalah air terbaik yang layak untuk dikonsumsi manusia. Tetapi menurut pengalaman saya, rasa air RO tersebut berasa agak sepat. Teknologi RO sudah ada sejak tahun 80an, tetapi baru populer sekitar lima tahun belakangan ini. Harga satu galon air RO harganya juga lebih murah daripada Aqua.

Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 4:48 PM
Kategori:

27 Komentar:

  1. wah lek rasane sepet yo jangan diminum saja yo.
    follow you

    ReplyDelete
  2. @Tomo: Yang sepat itu mungkin lidahku sendiri sob. Hehe.

    ReplyDelete
  3. sebaiknya minum air putih asli dari dalam tanah yang direbus.
    itu lebih baik buat kesehatan

    ReplyDelete
  4. benar itu kata mas tomo
    salam kenal sekalian izin follow

    ReplyDelete
  5. kalau aku malah lebih suka air rebus
    salam blogger

    ReplyDelete
  6. Sore Sob.. maaf baru bisa mampir Sob.. hhe...

    wah ini teknologi RO sama kaya galon isi ulang atau beda toh Sob? untuk osmosis aku inget pernah belajar itu waktu sekolah dlu tapi berhubung udah lama bgt aku udah lupa hhe... klo emank baik untuk tubuh sih ya boleh2 aja hhe.. biarpun agak sepet wkwkw...

    Happy blogging n semangat Sob...

    ReplyDelete
  7. sama gak dengan air minum ber-oksigen itu?

    ReplyDelete
  8. wah sistem yg keren luar biasa

    ReplyDelete
  9. ilmu biologi sma nih.. :)
    tapi apakah aman diminum langusng ya..?

    ReplyDelete
  10. Itu alatnya ada dijual enggak ya

    ReplyDelete
  11. wah, ternyata begitu ya sob, jadi inget pas sekolah dulu.
    ijin menjadi follower ya..

    ReplyDelete
  12. Yang penting jaga kesehatan, dengan meminum air yang bersih.
    lam kenal...from: Chenk Rahman

    ReplyDelete
  13. istilah baru nih bagi saya.. seperti pelajaran fisika biologi :)

    ReplyDelete
  14. klo mampir kesini itu selalu suka sama info2nya :D nice post kk

    ReplyDelete
  15. belum ada yang baru nih kawand

    ReplyDelete
  16. saya membuat artikel tentang pembangkit listrik tenaga osmotik di blog saya...

    ReplyDelete
  17. kalo sepet itu gosipnya berbahahahaya ndak sich....

    ReplyDelete
  18. Artikel yg bermanfaat
    Makasih ya :)

    ReplyDelete
  19. sob
    kayaknya ada yang salah
    osmosis itu adalaah perpindahan cairan dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi melalui membrane semi permeabel...sebaliknya reserve osmosis itu perpindahan cairan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah...gitu sob :)

    ReplyDelete
  20. Betul sekali, Sistem Reverse Osmosis (RO) Air Payau (Brackish Water Reverse Osmosis) cocok/ideal untuk menghasilkan conductivity dan TDS rendah dan juga digunakan untuk mengatasi air sumber dengan tingkat conductivity di atas 4000 uS.

    ReplyDelete
  21. This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

    ReplyDelete
  22. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    ReplyDelete
  23. Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

    ReplyDelete
  24. Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

    ReplyDelete
  25. I can see that you possess a degree of expertise on this subject, I would like to hear much more from you on this subject matter – I have bookmarked this page and will return soon to hear additional about it.

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus