Friday, October 22, 2010

Pengertian Keylogger

Pernahkah sobat mempunyai akun yang dihack orang lain? Padahal setahu sobat tak pernah memberikan informasi password kepada siapapun. Bisa jadi akun sobat dibajak menggunakan keylogger. Keylogger merupakan suatu software yang mempunyai kemampuan untuk memantau dan merekam seluruh aktivitas penekanan tombol keyboard, termasuk password. Kemudian keylogger akan menyimpan hasil rekaman tersebut. Bahkan yang lebih canggih, hasil rekaman tersebut yang berupa file teks bisa dikirim ke email tertentu secara periodik melalui koneksi internet.

Keylogger ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk mencuri data dari orang lain. Biasanya software ini diinstal di komputer-komputer umum, rental komputer, maupun warnet. Tujuan utamanya tak lain adalah untuk mengetahui informasi password. Password serumit apapun bisa dilihat. Dengan cara ini, si pengguna keylogger bisa mengetahui username, password, dan informasi lain yang dibutuhkan. Mungkin kalau yang dibajak hanya akun facebook, blogger, twitter kerugiannya hanya sedikit. Tetapi kalau password e-banking yang dibajak, tentu sangat merugikan dan kasus bisa berlanjut di kepolisian.

Sepengetahuan saya, keylogger tidak bisa mendeteksi copy paste. Yang direkam hanyalah seluruh aktivitas keyboard. Dan dapat menelusuri hasil ketikan keyboard. Namun beberapa antivirus seperti Norton bisa langsung mendeteksi adanya keylogger sebagai spyware.

Cara untuk mengantisipasi adanya software keylogger akan saya tulis di artikel mendatang.

Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 9:19 PM
Kategori:

21 Komentar:

  1. MEsti hati-hati kalo pergi ke warnet, bisa-bisa akun passowrd kita masih tertinggal,Gimana agar tau kita bebas keylogger?

    ReplyDelete
  2. waduh, sepertinya mengerikan ya...
    ini gosip bohongan apa beneran sih...
    hiiiyyy...
    takut ah... nggak mau ke warnet lagi...

    ReplyDelete
  3. eh iya, seru juga tuh kalau lagi ngomongin keylogger...
    beberapa waktu lalu saya juga pernah mengulas masalah ini..
    kalau mau baca silahkan, ini url nya

    http://qsew.blogspot.com/2010/06/salah-kaprah-seputar-keylogger.html

    siapa tau kita bisa sharing dan menambah wawasan..

    salam blogger.

    ReplyDelete
  4. saya pernah mengalami sendiri, password blog saya dibobol orang, tapi untung saja blog itu masih baru jadi gak terlalu berdarah-darah, tapi lumayan kesal juga sih....

    ReplyDelete
  5. keylogger sangat mengkhawatirkan saat ini.. kita harus waspada mas

    ReplyDelete
  6. dari keylogger bisa disimpulkan yang jadi 'tersangkanya', siapa ya? makasih tipsnya.
    bener sih sob, copas ga bakal ketembus keylogger (misalnya username+passwordnya disimpen di file notepad dari rumah) atau pake virtual keyboard juga aman :)

    ReplyDelete
  7. Wah barusan ini salah satu FB saya di hack orang sob , padahal saya selalu maen dirumah tu . . .

    ReplyDelete
  8. @Yusuf: supaya tahu, kita bisa pakai antivirus yang bisa mendetekdi spyware seperti Norton.
    AAll: Makasih ^_^

    ReplyDelete
  9. pernah juga sob...

    niatnya donlot crack buat software full dan gak trial, eh malah ke susupan pirus ginian,...

    ReplyDelete
  10. wah jika untuk mencuri ya bahaya kawand nich.
    aku tunggu postingan mendatang ya

    ReplyDelete
  11. ditunggu banget posting berikutnya broooo, eh mohon infonya dong AVG free bisa ga mendeteksi keyloger?

    ReplyDelete
  12. iya sob, kayak mas tomo
    ditunggu potingannya




    salam.

    ReplyDelete
  13. nggak sabar nih menunggu artikel selanjutnya :D

    ReplyDelete
  14. mesti lebih waspada nih. Tips tentang copas pasword sangat bermanfaat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Waduw..bahaya banget yah.
    Tapi syukurnya saya gak pernah OL di warnet, selalu di rumah.
    Jadi, semoga aman2 aja akunku :D

    ReplyDelete
  16. Dulu saya agak sering memakai internet di warnet, semoga tidak terjadi pembobolan e-mail atau blog saya.
    Yang jelas saya perlu pertimbangkan merubah password.
    Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  17. wah, kalau notebook saya gak ada yang minjem bisa kena juga ya? Moga ndak.

    ReplyDelete
  18. heheheh nanti saya cobain ah di warnet :))

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus