Wednesday, October 6, 2010

Lumba-Lumba Hewan Paling Cerdas

Selama ini manusia mengira bahwa hewan yang paling cerdas di dunia ini adalah simpanse. Ternyata fakta berkata lain. Ada hewan yang lebih cerdas dari keduanya, yaitu lumba-lumba. Ya, lumba-lumba adalah hewan paling cerdas yang pernah ada. Tetapi kecerdasannya itu di bawah manusia tentu saja. Alasan utamanya adalah karena kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan sesamanya. Cara berkomunikasinya mirip dengan manusia.

Komunikasi lumba-lumba hampir sama layaknya manusia. Mereka melakukan pembicaraan dua arah (timbal balik) sama seperti manusia bercakap-cakap. Diketahui lumba-lumba berbicara lewat bunyi infrasonik. Lumba-lumba paling sering berkomunikasi saat mereka mencari pasangan untuk kawin, dan saat mengetahui ada bahaya. Dan faktanya, hewan ini mamu mengirim pesan ke sesamanya dalam jarak 220 kilometer.

Sebuah zoologi dari Emory University di Atlanta mengatakan bahwa "neuroanatomy mereka menunjukkan kontinuitas psikologis antara manusia dan lumba-lumba," dan menyerukan untuk peninjauan kembali terhadap interaksi manusia dengan lumba-lumba. Ilmuwan lain dari Universitas Marymount Loyola di Los Angeles bahkan menyebut mereka sebgai "orang-orang non-manusia. "

Memang hal ini terbukti. Saat mengetahui ada badai akan datang, lumba-lumba akan mendekati kapal terdekat yang sedang berlayar dan membuntuti kapal itu. Seakan-akan mereka mengirimkan sinyal tanda bahaya. Dan hal ini sudah disadari manusia dari dulu, bahwa saat sekawanan lumba-lumba mengitari / mengikuti kapal mereka, pasti badai akan segera datang.

Jadi, itulah yang membuat lumba-lumba lebih pandai daripada simpanse, karena mereka mempunyai kemampuan komunikasi dan berpikir secara mandiri.

Ditulis Oleh : Mas Win // 5:38 PM
Kategori:

12 Komentar:

  1. insting lumba2 memang sangat bagus sob, itu yang bikin lumba2 dianggap hewan cerdas... :)

    ReplyDelete
  2. Ahh masa si..bukannya simpanse ya ? :D di lihat dari mana dulu ni ? cuma bicara bercakap2 aja ? :D hehehe
    wah klo yg badai ini saya baru tau heheh

    ReplyDelete
  3. kalau aq mah belum pernah liat lumba2 secara langsung

    ReplyDelete
  4. mungkin itu suatu naluri yang diciptakan tuhan untuk membantu manusia.

    ReplyDelete
  5. Allah swt menciptakan makhluknya, dengan kelebihan dan kelemahan... Nah, kelebihannya si lumba-lumba ini ya memiliki kecerdasan yang tidak dimiliki oleh semua jenis hewan yg tujuan juga untuk membantu tugas dari manusia... hebat bgt ya ilmu alam itu...

    ReplyDelete
  6. Sayang lumba-lumba banyak diincar untuk dijadikan makanan, hiasan, dsb. Jadi pengen bikin lembaga penyelamatan lumba-lumba.

    ReplyDelete
  7. Maha Besar Allah...yang telah menciptakannya.

    ReplyDelete
  8. lumba-lumba..... jadi keingat kemaren waktu maen ama lumba-lumba hehehee, tapi emang lumba2 sangat cerdas

    ReplyDelete
  9. Info yang menarik tentang si cerdas penghuni Laut,
    saya sdh folow blog ini, folow balik ya,,,!!!

    ReplyDelete
  10. Jadi nambah ilmu baru .
    terimakasih yaa .

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus