Friday, September 28, 2012

Daftar Bumi Perkemahan di Yogyakarta

foto kaliurang merapi lahar dingin
Daftar bumi perkemahan di Yogyakarta. Yogyakarta terdiri dari empat kabupaten yaitu Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo. Dan mempunyai satu kotamadya yaitu Kota Yogyakarta. Masing-masing kabupaten di Yogyakarta mempunyai bumi perkemahan yang dapat dijadikan tempat untuk berkemah, berwisata, maupun perisitirahatan sementara. Apa saja bumi perkemahan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta? Inilah mereka, bumi perkemahan di Yogyakarta.

1. Bumi Perkemahan Kaliurang
Bumi perkemahan (buper) Kaliurang menurut saya adalah yang paling terkenal di Yogyakarta. Buper Kaliurang terletak di Kabupaten Sleman, di lereng gunung Merapi. Sekitar satu setengah jam dari kota. Hawa udara yang sejuk senantiasa menyegarkan. Fasilitas lengkap dan area yang luas, pemandangan sangat indah di bawah bukit dengan track outbond yang luar biasa. Kita dapat menjelajahi area Kaliurang, termasuk objek wisata Kaliurang yang disana terdapat banyak monyet liar. Walaupun liar, mereka sopan terhadap manusia, asalkan kita tidak mengganggu mereka.

2. Wonogondang dan Sinolewah
Buper Wonogondang dan Sinolewah berada dalam satu kawasan, sama seperti Kaliurang, yaitu terletak di lereng gunung Merapi. Buper Wonogondang dan Sinolewah berada di kecamatan Cangkringan, dekat dengan Kaliadem. Pemandangan yang mengenakkan mata membuat tak merasa jemu di sini. Ada beberapa permainan outbond yang disediakan, gratis. Track outbond kita dapat berjalan ke arah timur menyusuri perbukitan. Pemandangan yang disajikan adalah sungai bekas aliran lahar dingin, yang dapat menambah keimanan kita, dan menunjukkan besarnya kekuasaan Allah.

3. Kebun buah Mangunan
Kebun buah Mangunan terletak di kabupaten Bantul. Untuk sampai kesana, kita dapat memulai perjalanan dari kota menuju terminal Giwangan, dilanjutkan ke jalan Imogoro timur sekitar satu setengah jam dari kota. Seperti namanya, di sini terdapat banyak tanaman buah seperti Mekarsari. Yang luar biasa adalah pemandangan indah yang tersaji. Tepat di atas tebing, kita dapat mengamati indahnya alam Bantul sambil memetik buah. Sangat luar biasa. Fasilitas lengkap dengan area outbond yang menantang. Kebun buah Mangunan adalah salah satu objek wisata Yogyakarta.

4. Pusat Penyelamatan Satwa Jogja (PPSJ) Yogyakarta
PPSJ Yogyakarta terletak di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di kecamatan Pengasih. Sekitar satu jam dari pusat kota. Untuk ke sana, lewat jalan Wates. Di PPSJ, ada semacam danau buatan, dikelilingi dengan area landai untuk mendirikan tenda. Juga disediakan pendopo. Yang lebih menarik adalah disediakannya cottage yang tertata rapi dan nyaman. Namanya saja PPSJ, pasti ada satwa di sana, di antaranya adalah orangutan.

5. Rest Area Bunder
Rest Area Bunder terletak di kecamatan Bunder kabupaten Gunungkidul. Untuk sampai sana, kita melewati jalan Wonosari selama kurang lebih satu jam dari pusat kota. Area cukup luas, dengan dikelilingi hutan jati. Di sisi barat ada sebuah sungai. Di sekitar Rest Area Bunder, terdapat hutan kayu putih. Jika kita outbond, maka kita akan melewati pabrik penyulingan minyak kayu putih.

Itulah daftar bumi perkemahan di Yoggyakarta. KAwan ingin berkemah atau makrab, pilihlah salah satu di atas, pasti menyenangkan.

Demikianlah bumi perkemahan Yogyakarta.
Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 7:00 AM
Kategori:

8 Komentar:

  1. Replies
    1. Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan
      silahkan hubungi
      Ki Witjaksono di:+62852-2223-1459
      selengkapnya buka blog
      klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

      Delete
  2. Bisa jadi referensi kalau mau kemah nih.
    terimakasih yaa informasinya .

    ReplyDelete
  3. Hey keep posting such good and meaningful articles.

    ReplyDelete
  4. Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus