Thursday, January 20, 2011

Wisata Tersembunyi Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta dari dulu memang "istimewa". Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal dengan kota pariwisata. "Jogja", begitu namanya disebut. Jogja memiliki berbagai objek pariwisata. Mulai dari pariwisata budaya dan sejarah seperti keraton, alun-alun, benteng Vredeburg dan malioboro. Juga wisata alam seperti Kaliurang (sekarang baru dibenahi karena bencana Merapi akhir tahun kemarin) dan yang paling terkenal adalah pantai Parangtritis. Namun, beberapa objek tersebut sudah sering kita dengar. Sebenarnya, Jogja juga memiliki objek wisata tersembunyi yang sangat eksotis. Apa saja itu? Kita simak di bawah ini.

1. Pantai Siung
Bukan hanya Pulau Bali yang memiliki jejeran pantai berpasir putih, di Daerah Istimewa Yogyakarta pun memiliki jejeran pantai indah berpasir putih di sepanjang pesisir pantai selatan Kabupaten Gunung Kidul. Salah satu pantai berpasir putih yang pantas dijadikan sebagai referensi adalah Pantai Siung yang tepatnya terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul.

Salah satu hal yang menjadi keunggulan Pantai Siung adalah banyaknya tebing karang yang menjulang mengelilingi pantai tersebut. Adanya Pesona tebing karang yang ditawarkan oleh Pantai Siung inilah yang akhirnya menobatkan objek wisata Pantai Siung sebagai kawasan wisata minat khusus panjat tebing, yang diidentifikasikan secara simbolik dengan rumah panggung bernama Pondok Pemanjat, tempat khusus bagi para pemanjat yang ingin menjajal kemampuannya di sini.

2. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo adalah goa alam di pegunungan Menoreh. Goa ini terletak sekitar 35 km arah barat laut Yogyakarta di atas bukit utara Kabupaten Kulonprogo. Tidak jauh dari mulut goa Kiskendo terdapat Goa Sumitro yang mempunyai dua mulut vertikal dan horizontal yang mengalir sungai bawah tanah yang jernih. Objek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan perkemahan karena didukung dengan adanya lahan yang luas dengan udara yang nyaman. Goa Kiskendo yang terletak di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulya, dapat dicapai dari yogyakarta dengan jarak kurang lebih 38 km atau kurang dari 21 km dari kota wates.

Sepanjang Goa Kiskendo dapat menikmati pemandangan alam pegunungan yang mempesona. Memasuki gua Kiskendo, pengunjung akan disambut oleh keindahan stalaktit dan stalagmit seperti gua batu kapur pada umumnya. Menurut legenda dahulu gua tersebut merupakan istana 2 raksasa bernama Maesosuro dan Lembusuro yang dikalahkan oleh Subali seperti yang dilukiskan pada relief di depan gua.


3. Kebun Buah Mangunan
Di Kebun Buah Mangunan kita dapat melihat pemadangan alam pegunungan yang indah di sekitarnya, dan ditengah kawasan tersebut terdapat cekungan mata air, serta disekitarnya merupakan perbukitan dengan beragam kemiringan lereng, yang saat ini telah penuh dengan berbagai macam tanaman buah-buahan yang sudah berbuah. Jenis buahan yang ada di kebun buah Mangunan, antara lain: Mangga, durian, rambutan, jeruk, jambu air, belimbing, dan lain-lain. Sungguh tempat ini sangat cocok bagi yang ingin berwisata keluarga, pertemuan (meeting), pelatihan, wisata pendidikan lingkungan, outbond, dan lain-lain.

Terlepas dari itu semua, kawasan ini merupakan sebuah tempat yang layak untuk bersantai bersama teman-teman atau wisata keluarga, karena dapat menyegarkan kembali pikiran, dengan menikmati pemandangan indah dan sejuknya udara perbukitan, lepas dari kemacetan dan kesibukan perkotaan yang semakin panas terpolusi, apalagi beberapa tahun kedepan, dimana tumbuh-tumbuhan yang ada mungkin sudah lebih besar lagi dan dapat menambah kesejukan kawasan Kebun Buah Mangunan ini.

Itulah beberapa wisata yang tersembunyi di Jogja. Tersembunyi di sini berarti belum begitu dikenal dan masih sangat alami. Indah bukan? Yogyakarta memang potensial.

Ditulis Oleh : Mas Win // 9:39 AM
Kategori:

9 Komentar:

  1. Siung sampe sejauh ini kondang jadi tempat Panjat Tebing rebagus selain Citatah...hehhehehe...baru juga tempatnya....

    ReplyDelete
  2. referensi wisata yang menarik, patut dicatat dan dikunjungi

    ReplyDelete
  3. permisi kepada juragan yang punya ni blog, gw mampir di mari ni gan, dari tadi muter-muter dari mbah google, mbah google kasih wangsit buat mampir di blog agan, di postingan agan ini. nais postingan gan, minta ijin dulu nech buat bacanya..

    komen :
    ane jadi pengen k sono, d tempat ane ga punya pantai T_T

    Signature
    Describe Form Hymen and Tutorial Modding Sony ericsson|Free Download Female Wallpeper Artist|Some Trips and Trick about Blog

    ReplyDelete
  4. @Belantara Indonesia: sip sob. jogja memang mantab.
    @Yusuf: kunjungi waktu liburan paling pas ^_^
    @Describe: OK sip.

    ReplyDelete
  5. wah kapan ya ane bisa kesana dengan keluarag, klw sndiri ga rame sunyi bisa2 ga mnarik perjalananx,,,
    saat kmarin ke jogja bukan kesana sich, malah ke sleman untuk jd relawan,,, hehehee lain kali ke sana biar ga kita katro,,,
    thanks bos atas info kerennya,,,

    ReplyDelete
  6. @Muarra: wah jadi relawan merapi ya. hehehe.

    ReplyDelete
  7. wah semuanya itu saya baru tauu :o

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus