Thursday, March 24, 2011

Makanan Yang Dapat Menguatkan Tulang Dan Gigi

Menguatkan tulang dan gigi? Pasti di angan-angan sobat sudah ada bayangan kalau yang akan kita bahas adalah tentang makanan yang berkalsium tinggi. Ya benar. Makanan yang mengandung kalsium tinggi sangat membantu penguatan tulang dan gigi, dan menyokong pertumbuhan anak di masa pertumbuhan. Terus apa guna vitamin D? Vitamin D itu untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Ternyata banyak makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi. Kita lihat di bawah ini:

1. Susu
Delapan ons susu bebas lemak akan menghasilkan 90 kalori. Pilihlah produk susu tanpa lemak yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat ganda. Seandainya tidak gemar susu murni, bisa juga digantikan produk olahan seperti smothies atau jus buah yang dicampur dengan susu.

2. Yoghurt
Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, tapi makanan tertentu, seperti yoghurt juga kaya dengan vitamin D. Satu cangkir yoghurt bebas lemak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

3. Keju
Hanya karena keju penuh kalsium tidak berarti sobat perlu makan keju berlebihan. Sebanyak 1,5 ons keju cheddar mengandung lebih dari 30% dari nilai harian kalsium. Kebanyakan keju mengandung sedikit vitamin D namun tidak akan cukup memenuhi kebutuhan kalsium.

4. Ikan Sarden
Ikan sarden ini biasa sobat temui dalam kemasan kaleng. Ikan sarden memiliki pemenuhan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Rasanya pun gurih bisa ditambahkan di pasta dan salad.

5.Telur
Telur ayam mengandung 6% vitamin D harian sobat. Jangan memilih hanya bagian putih atau kuning saja karena akan mengurangi kalori. Vitamin D justru terdapat dalam bagian kuning telurnya.

6. Ikan Salmon
Salmon dikenal karena banyak mengandung lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Sepotong salmon dengan berat 3 ons sudah memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin D sobat.

7. Bayam
Tidak suka susu? Bayam akan jadi cara favorit sobat untuk mendapatkan kalsium. Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung hampir 25% dari kebutuhan kalsium harian Anda. Bayam diperkaya serat, besi, dan vitamin A.

8. Sereal
Sereal mengandung 25% vitamin D. Ini adalah cara termudah daripada memasak ikan salmon atau mesti berjemur.

9. Ikan Tuna
Tuna atau lemak ikan lainnya merupakan sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian Anda dari vitamin sinar matahari.

10. Sawi Hijau
Sama seperti bayam, sayuran berdaun hijau ini kaya akan kalsium. Satu cangkir sawi yang dimasak mengandung 25% kalsium untuk kebutuhan harian Anda. Sawi ini mudah diselipkan dalam makanan sobat.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kalsium. Banyak alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium kita. Tinggal pilih.

Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 10:52 PM
Kategori:

5 Komentar:

  1. Semuanya aku suka hanya ikan sarden yang ga aku suka, ada kiat ka buat supaya kita menyukainya. Soalnya aku ga tahan amisnya.
    Khususnya yang kalengan ka..tapi kalao yang ikannya langsung aku suka.

    ReplyDelete
  2. wah,, trims nih infonya, itu makanan fav ku semua tuh, hehhe..
    apalagi pas hamil gini.. ehm... :)

    ReplyDelete
  3. wah... itu sich daftar makanan yang enak-enak lho :D

    ReplyDelete
  4. Saya suka bayam sama sawi hijau aja, soalnya itu yang paling mudah didapat dan nilainya ekonomis.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih ya atas infonya. Sangat membantu sekali buat saya yg menginjak usia di atas 40thn. Sukses selalu...

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus