Saturday, December 25, 2010

Rahasia Buah Durian

Smell like hell, taste like heaven. Itulah citra yang biasanya lekat menempel pada buah durian. Bagi sobat yang belum terbiasa dengan buah yang satu ini, pasti tak akan suka dengan baunya. Tetapi setelah mencicipi rasanya yang khas, pasti langsung ketagihan. Tak hanya rasa, tetapi durian menyimpan berbagai fakta-fakta yang unik. Sobat mau tahu? Ini dia fakta-fakta buah durian:

Seperti yang kita ketahui, durian adalah buah yang mempunyai duri super tajam di seluruh permukaan kulitnya. Maka tak salah jika disebut durian. Sebagian orang biasa menyebutnya duren. Sedangkan bentuknya bermacam-macam, mulai dari bulat sampai lonjong, ada pula yang tidak rata.

Ternyata durian merupakan makanan yang mengandung berbagai macam gizi. Setiap 100 g salut biji mengandung 67 g air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor. Wah, kaya sekali bukan? Tak heran kalau harganya relatif mahal.

Selain mengandung zat gizi, buah durian juga mempunyai banyak khasiat. Kalau yang ini sobat boleh percaya atau tidak. Mulai dari buahnya. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini, ternyata mampu mengatasi penyakit kuning, serta penyakit kulit. Dari bijinya, kita dapat merebus atau membakarnya dan dapat dijadikan cemilan sehat karena mengandung pati yang sangat tinggi. Tapi perlu diingat, tidak diperbolehkan memakan biji mentah dari buah yang berasal dari genus Durio ini, karena asam lemak siklopropena (cyclopropene) yang terkandung dalam biji durian bersifat racun bagi tubuh.

Kita beralih ke kulit Durio Zibethinus Murr. Kulit durian dipercaya mampu untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit). Kulit buah ini pun biasa dibakar dan abunya digunakan dalam ramuan untuk melancarkan haid. Selain itu kulit durian dapat dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dengan cara dijemur sampai kering dan dibakar sampai hancur.

Selain buah, biji, dan kulit, akar durian dapat dimanfaatkan untuk obat penurun demam dan untuk menyembuhkan cantengan (infeksi pada kuku) dengan cara dicampur dengan Jeringau (Acorus calamus).

Ternyata banyak sekali manfaat buah durian. Tak ada salahnya kalau kita mengkonsumsinya.

Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 11:37 AM
Kategori:

2 Komentar:

  1. @Muhammad Akram: OK terima kasih sob. sudah saya kunjungi balik.

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus