Thursday, December 9, 2010

Asal Usul Berdirinya Toyota

Siapa yang tak tahu Toyota? Pabrikan mobil dari Jepang ini memang paling populer di seluruh dunia. Begitu juga di Indonesia. Mobil kebanyakan di Indonesia adalah Toyota. Saya menyimpulkan bahwasanya sekarang Indonesia terjajah oleh produk Jepang. Lihat saja, di sepanjang jalan-jalan di Indonesia dipenuhi oleh mobil buatan Jepang. Bahkan sampai macet kepenuhan oleh kendaraan produk Jepang.


Toyota bermula dari sebuah perusahaan keluarga, yang didirikan oleh Sakichi Toyoda pada abad XIX (1867-1930). Sakichi Toyoda adalah anak seorang tukang kayu yang tinggal beberapa kilometer dari kota Tokyo. Dia hidup di tengah keluarga penenun membuatnya banyak berpikir mengenai penggunaan mesin-mesin manual untuk menenun yang dipakai oleh warga desa termasuk ibunya. Ia mengaggap bahwa hal tersebut membuang-buang waktu dan tenaga dan merugikan kesehatan ibunya dan warga yang lain.

Akhirnya ia memulai untuk menemukan mesin tenun yang lebih baik. Setelah berkali-kali mematenkan hal tersebut sebanyak 100 kali sehingga ia disejajarkan oleh Thomas Alfa Edison dan Henry Ford. Ia berhasil mematenkan dan menerima mesin tenun buatannya pada 1890, bersamaan dengan penemuan mobil bertenaga uap oleh Ransom Olds. Dan setelah bereksperimen lagi maka pada tahun 1896 ia mematenkan mesin tenun otimatis yang setahun kemudian menjadi penggerak utama industi teksil di Jepang dengan nama Toyoda Loom Works (kemudian berubah menjadi Toyoda Automatic Loom Works).

Tetapi mesinnya tersebut dirasa belum memuaskan karena masih banyak terjadi kesalahan penenunan sewaktu dipakai. Akhirnya ia bertandang menuju Eropa dan memulai mengamati dan mempelajari cara-cara industri barat. dari sana, ia terkagum oleh seorang motivator barat dalam pengembangan pribadinya setelah membaca Self-Helps tentang otomotif yang hingga kini masih terus dicetak media Inggris.

Empat tahun kemudian, lahir sebuah perusaahn otomotif bernama Toyota, berbeda dengan nama pabrik tenun Toyoda. Pengambilan nama Toyota dalam bahasa Jepang terwakili dalam 8 karakter, dan delapan adalah angka keberuntungan bagi kalangan masyarakat Jepang. Sakachi Toyoda meninggal pada tahun 1930 dan mewariskan perusahaan pada puteranya, Kiichiro Toyoda. Inovasi kiichiro Toyoda terus berkembang dan Toyota dinyatakan sebagai kendaraan tangguh pada Perang Dunia II.

Itulah asal mula berdirinya Toyota. Sampai sekarang, Toyota adalah salah satu industri mobil yang laris manis dipasaran dunia.

Ditulis Oleh : Mas Win // 4:10 PM
Kategori:

7 Komentar:

  1. Toyota Kijang emang tak ada dua nya.....langsung gigi 1 ke 3, 4, 5...

    ReplyDelete
  2. @Belantara Indonesia: sip setuju sob.
    bukan promosi. hehe.

    ReplyDelete
  3. Toyota Mau Di lawan xixixiixi..:D

    ReplyDelete
  4. dan produk toyota selalu unggul jika di bandingkan dgn yg lain...hehehe

    ReplyDelete
  5. wah
    baru mengetahui tentang ini saya
    haha :D

    ReplyDelete
  6. Nur Indah Sari AkilMay 31, 2012 at 8:48 PM

    aku mau tau apa yg dikatakan oleh motivator itu sehingga Toyoda bisa merasa sukses.
    +an: kenapa angka sial versi Jepang adalah 4, sedangkan angka keberuntungannya 4x2

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus