Sunday, October 10, 2010

Dongeng Bunga Matahari

Sobat semua pasti tahu dengan bunga matahari. Dinamai bunga matahari karena memang nyatanya bunga itu mirip-mirip dengan matahari yang sedang bersinar. Di Yunani, ada sebuah dongeng unik yang mengisahkan asal muasal bunga matahari. Dongeng itu mengisahkan seorang nimfa bernama Clytie yang jatuh cinta kepada sang dewa matahari bernama Helios.

Nimfa dalam mitologi Yunani adalah salah satu kaum dari makhluk legendaris yang berwujud wanita, tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam. Dikisahkan, bahwa Clytie jatuh cinta kepada seorang dewa matahari bernama Helios. Helios setiap hari menjelajah angkasa dengan segala kegagahannya, tanpa mengindahkan Clytie yang sedang jatuh cinta kepadanya.

Namun, rupanya kesetiaan Clytie tak tergoyahkan. Dia rela memandangi Helios mulai pagi hingga malam menjelang. Sedetik pun tak mau berpaling dari Helios. Sepanjang malam, Clytie tak berpindah tempat dan menunggu pagi untuk melihat Helios menjelajah angkasa lagi. Dia melakukan itu selama delapan hari delapan malam tanpa makan, minum ataupun tidur demi kesetiannya pada Helios. Namun Helios tak sedikitpun membalas cintanya.

Tepat di hari ke sembilan, sebuah keajaiban terjadi. Dari kaki Clytie tumbuh akar dan tubuhnya berubah menjadi baang tanaman. Wajahnya perlahan-lahan berubah menjadi bunga yang anggun, yang selalu menghadap matahari.

Itulah kisah cinta Clytie, seorang nimfa yang berubah menjadi bunga matahari.

Ditulis Oleh : Mas Win // 1:09 PM
Kategori:

8 Komentar:

  1. cinta yang tak tergoyahkan, makasih sharingnya sobat :)

    ReplyDelete
  2. benarkah..?
    mengerikan juga ya cinta, orang bisa jadi bunga.. hehehe

    ReplyDelete
  3. Cinta sejati. Selalu memberi tanpa mengharap imbalan. nice posting sob.

    ReplyDelete
  4. Makasih sudah berkunjung ke blog saya...
    Salam Kenal!

    ReplyDelete
  5. emmm dongeng yang cukup menarik.. andai manusia bisa mencintai Rabbnya lebih dari sekedar cinta nimfa yang mencintai dewa matahari hingga ia terus memperhatikan dewa matahari tersebut dan membuat nimfa berubah menjadi bunga matahari :)
    Bagusnya manusia itu mencitai Rabbnya hingga terus memperhatikan ajaran agamanya hingga selalu berubah menjadi lebih baik setiap detik.. :) ya ga? :D

    ReplyDelete
  6. Ternyata dongeng bunga matahari berasal dari Yunani. Berati logikanya ada banyak toko-toko yang menyediakan bunga matahari dong di Yunani.

    ReplyDelete
  7. Bagusnya manusia itu mencitai Rabbnya hingga terus memperhatikan ajaran agamanya hingga selalu berubah menjadi lebih baik setiap detik

    Toko Bunga Jakarta

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus