Friday, September 7, 2012

Inilah Perbedaan Kopi Robusta dan Arabica


Inilah perbedaan kopi robusta dan arabica. Kawan suka minum kopi? Kopi merupakan minuman global yang menurut saya sangat nikmat. Dua jenis kopi di dunia ini yang paling terkenal adalah robusta dan arabica. Kedua nama itu pasti akrab di telinga kita. Namun apakah kawan sudah mengetahui perbedaan kopi robusta dan arabica? Saya berani menebak bahwa kebanyakan orang Indonesia tidak mengetahui perbedaan kopi robusta dan arabica. Padahal kopi di Indonesia sangat terkenal beraneka macam dan mempunyai rasa serta aroma yang sedap. Inilah perbedaan kopi robusta dan arabica.

1. Kopi Robusta
Kopi robusta merupakan kopi yang paling merakyat di dunia karena harganya relatif murah. Kopi robusta banyak ditemukan di Indonesia dan Filipina. Kondisi tanah, iklim, suhu, dan pengemasan akan memberikan pengaruh yang besar bagi rasa yang dihasilkan oleh kopi robusta. Keistimewaannya, tanaman kopi robusta dapat berbuah dimana saja, bahkan di dataran rendah. Namun kelemahannya sangat rentan terhadap hama, terutama serangga Buah kopi robusta banyak. Banyak orang bilang bahwa rasa kopi robusta lebih mirip dengan cokelat, berasa manis. Tekstur kopi robusta lebih kasar. 

Ada hewan pemakan kopi yang bernama luwak. Luwak merupakan hewan yang pandai memilih kopi robusta matang dan bermutu. Kopi tersebut dicerna di dalam perut luwak dan akhirnya dikeluarkan kembali dalam bentuk utuh, karena memang susah dicerna. Kopi ini selanjutnya dikumpulkan petani untuk dibersihkan dan dibakar. Kopi jenis ini disebut sebagai kopi luwak.

Selain itu kandungan kafein robusta lebih tinggi. Jika ingin begadang, minumlah kopi jenis robusta.

2. Kopi Arabica
Kopi arabica terkenal mempunyai rasa yang lebih enak dibanding dengan robusta. Banyak orang bilang aroma kopi arabica adalah gabungan dari aroma buah dan bunga. Tanaman kopi robusta hanya bisa tumbuh dan berbuah di daerah yang dingin atau sejuk. Buahnya hanya sedikit dibanding dengan robusta. Selain itu, jangka waktu berbunga sampai berbuah adalah sembilan bulan. Sangat lama. Kopi arabica mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu terasa kental dimulut saat disesap. Tekstur kopi arabica sangat lembut dan rasanya pahit.
Perbedaan kopi robusta dan arabica selanjutnya adalah kandungan kafein arabicayang lebih sedikit dibanding dengan robusta. Rasa kopi robusta selain terkenal pahit, juga agak sedikit asam.

Itulah perbedaan kopi robusta dan arabica.
Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 7:00 AM
Kategori:

7 Komentar:

  1. Robusta !!

    jadi pengen ngopi malam ini..
    hmm

    ReplyDelete
  2. Saya lebih suka minum air putih. Tapi kalau istri saya, beuh... Jangan ditanya, coffeeholic.

    Best regard,
    Adipradana

    ReplyDelete
  3. gimana sih, katanya robusta lebih mirip dengan coklat, berasa manis. tpi di penjelasan nya arabica, diktkan lagi robusta pahit.. X_X
    jadi yg benar yg mana?

    ReplyDelete
  4. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    ReplyDelete
  5. Kenikmatan kopi yang berasal dari biji kopi asli Indonesia, cari aja di www.infokopi.com

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus