Tuesday, August 21, 2012

Tips Membeli Daging Sapi Asli


Tips membeli daging sapi asli. Setelah kemarin jalan-jalan di Kaskus, saya menemukan trit yang menurut saya berguna sekali. Yaitu tentang tips memilih daging sapi. Kita tahu sendiri bahwa di saat momen lebaran seperti ini banyak sekali pihak yang mencurangi pembeli dengan menyajikan daging sapi yang tidak berkualitas, seperti daging hasil gelonggongan, bahkan ada yang sampai menjual daging babi. Tentu yang ini sangat merugikan pembeli. Maka dari itu, tips membeli daging sapi asli ini semoga dapat membantu pembeli.
Mari kita simak tips membeli daging sapi asli.

1. Membeli daging yang digantung
Cara ini efektif untuk membedakan mana daging sapi asli atau hasil gelonggongan. Daging gelonggongan pasti kalau digantung meneteskan air karena mengandung kadar air yang tinggi.

2. Perbedaan lemak
Lemak babi berwarna putih merah muda, sedangkan sapi putih kekuningan. Selain itu tekstur lemak babi lebih lentur, susah dilepas dari daging. Sedangkan lemak sapi keras dan terkesan kering.

3. Perbedaan serat
Serat daging sapi terlihat jelas, rapat dan membentuk garis, sedangkan daging babi jarang dan kabur.

4. Tekstur
Tekstur daging sapi kaku, keras dan tidak lembek, sedangkan daging babi lentur, kenyal dan lembek.

5. Warna daging
Warna daging sapi merah kecoklatan, sedangkan daging kambing merah muda dan pucat. Sangat berbeda sekali, karena warna daging sapi hampir mirip dengan daging ayam.

6. Bau daging
Daging sapi mempunyai bau yang amis dan anyir seperti yang sering kita jumpai. Namun daging babi mempunyai bau agak apek. Perlu ketelitian untuk membedakan keduanya.

7. Sifat yang paling umum
Daging babi sangat mirip satu sama lain. Namun jika dibandingkan dengan daging sapi, akan mencolok perbedaannya. Biasanya untuk mengakali pembeli, daging babi akan dilumuri darah sapi untuk mengecoh warna. Namun warna darah tersebut dapat hilang setelah kita merebusnya.

Itulah beberapa tips untuk membeli daging sapi asli yang berkualitas.
Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 7:00 AM
Kategori:

4 Komentar:

  1. Pertamanya.
    terimaksih tipsnya semoga bermanfaat,kalau bagi saya sendiri jarang beli daging bahkan gak pernah,kecuali kalau ada pesta baru nyembelih sapi jadi otomtis dagin nya masih segar dan tampa campuran bahan pengawet ataupun di glondongin

    ReplyDelete
  2. asalamualaikum
    tips yang no 1 sudah dipraktekkan
    membeli daging yang digantung.
    selamat idhul fitri 1433 H
    minal aidhin walfaidzin

    ReplyDelete
  3. tips yang bermanfaat ini.
    kalo belum tahu memang akan terkecoh.

    salam...

    ReplyDelete
  4. Nice post, things explained in details. Thank You.

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus