Friday, July 20, 2012

Cara Mudah Meningkatkan Daya Ingat Otak

Satu hal yang sangat penting adalah daya ingat. Apalagi akhir-akhir ini banyak terdapat kasus beberapa orang yang mempunyai masalah tentang daya ingatnya. Usia muda tidak lagi menjamin apakah daya ingat akan kuat. Kawan tentu pernah mengalaminya, bahwa kawan merasa daya ingat kawan lemah. Hal itu dapat diakibatkan oleh beberapa faktor. Nah, di bawah ini ada cara mudah untuk meningkatkan daya ingat kita. Ayo kita simak.

1. Jangan mengkonsumsi alkohol.
Meningkatkan daya ingat otak dapat ditingkatkan dengan menghindari alkohol. Kita semua tahu bahwa alkohol haram untuk diminum. Mereka dengan memori yang kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman-minuman beralkohol, karena ternyata alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak.

2. Jangan menonton televisi lebih dari tiga per hari.
Menonton televisi boleh-boleh saja, namun jangan  berlebihan. Orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan-tontonan yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi. Mereka lebih sering membaca ketimbang menonton. Karena menonton televisi mengurangi daya ingat otak.

3. Perbanyak membaca novel.
Novel itu bacaan yang menarik, bukan? Dengan membaca novel, otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir tapi dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru.Dengan begitu daya ingat otak akan meningkat.

4. Sering menghubung-hubungkan data
Kalau ini kawan boleh berlaga seperti detektif yang sering mengkait-kaitkan data dan informasi. Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubung2kan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

5. Mengkonsumsi ikan.
Ikan merupakan santapan yang lezat. Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. Beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.

6. Minum teh atau kopi
Kalau yang ini Indonesia banget. Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi. Namun konsumsi yang berlebihan, terutama kopi bisa berakibat fatal. Minumlah dalam dosis yang sewajarnya.

7. Membuat catatan
Membuat catatan adalah cara yang paling efektif dan mudah untuk mengantisipasi lupa. Data yang masuk ke otak kita tanpa tercatat mungkin saja menempel dan mungkin juga tidak. Namun jika data tersebut dicatat, maka kita dapat melihatnya kembali ketika lupa. Mencatat juga ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal hingga 20 persen.

Itulah kebiasaan yang dapat meningkatkan daya ingat.


Ditulis Oleh : Mas Win // 6:28 AM
Kategori:

6 Komentar:

  1. kalau terlalu banyak bermain internet gimana,? apa kah berpengaruh terhadap perkembangan otak?

    ReplyDelete
  2. menurutku tergantung apa yang diakses pak.

    ReplyDelete
  3. wah mantab mas,,, thanks infox... :)

    ReplyDelete
  4. Artikelnya bermanfaat nc kwn ... Selamat bekarya

    ReplyDelete
  5. Apa menonton Televisi lebih dari 3 jam dapat melemahkan daya otak mas gan?
    Apa 3 jam itu termasuk akumulasi waktunya?
    Gimana kalo yang kita tonton tentang ilmu pengetahuan juga?

    ReplyDelete
  6. kalo saya gak setuju perbanyak baca novel, yang bener perbanyak baca Al-Quran. Itu baru bener2 najemin otak dan bersihin hati. Tetangga saya kebanyakan baca novel yang bahasa inggris pula cepat pikun tuh. ini beneran lho.. mana novel banyak pornonya lagi ya ngerusak otak dong.

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus