Monday, June 18, 2012

Sukses Recovery Data dari Partisi ext4 dan Swap Linux

Tulisan kali ini berangkat dari pengalaman. Waktu itu karena keingintahuan yang berlebihan, tanpa modal ilmu alias sok tahu, saya coba menginstall macbuntu (Ubuntu bertema Mac) di komputer saya lewat booting. Niat awalnya sih untuk menimpali Windows 7 (instal macbuntu tanpa menghapus Windows). Pada saat menginstal, ternyata macbuntu hanya bisa diinstal di partisi ext4, dan tidak bisa di NTFS. Langsung saja kuizinkan drive C untuk diubah menjadi jenis ext4, sedangkan drive E menjadi Linux Swap. Instalasi macbuntu pun selesai dan kupakai macbuntu. Gubrak!!! Ternyata drive C dan E tidak bisa terbaca karena mungkin sudah diubah menjadi sistem. Padahal drive E berisi data yang menyangkut hidup dan matiku.

Penderitaan tak hanya berakhir di situ. Pada saat kurestart, berniat kembali ke Windows 7, pilihan GRUB kuarahkan ke Windows 7. Dan ternyata tak bisa boot Windows 7 karena bootfile Windows ada di drive C, yang sudah terlanjur diubah menjadi tipe partisi ext4 dan windows tidak dapat membaca partisi ext4. Hancurlah hidupku. Kini satu-satunya drive yang tersisa hanya drive D, yang berisi data skripsi. Mau kuinstal lagi Windows 7, hanya ada satu pilihan yaitu drive D, dengan konsekuensi data skripsi hilang tak bersisa karena harus diformat.

Setelah cari solusi selama tiga hari, dengan jalan googling, tanya sana sini,  kucoba seribu satu cara. Pernah berniat untuk membawa ke rental service, namun karena kondisi sdang bokek, maka kuurungkan niat itu. Akhirnya kutemukan juga cara membaca partisi ext4 dan linux swap dari windows. Dan data yang penting di drive C, D, dan E tak berkurang sedikitpun. 

Piranti yang digunakan untuk mengembalikan data dari partisi linux adalah Live CD Ubuntu jenis apa saja. Kemudian, jalankan TestDisk dari Live CD, dan ubah partisi ext4 menjadi NTFS primary bootable dan utamakan drive C dulu karena berisi fileboot windows. Setelah itu, otomatis komputer akan bisa booting windows 7.  

Setelah bisa booting kembali dengan windows, gunakan software Easeus Data Recovery Wizard  untuk membaca drive E dan copylah file-file di drive lain. Step by step langkah recovery data dari partisi ext4 dan linux swap bisa dilihat di posting mendatang. Akan sangat bermanfaat untuk mengubah partisi swap linux menjadi NTFS.

Ditulis Oleh : Mas Win // 5:15 PM
Kategori:

3 Komentar:

  1. wah mantap nih pengalamannya.. :)

    ReplyDelete
  2. boz, Q mengalami hal yang sama persis ni sama u. boleh minta software live cd ubuntunya?
    butuh banget nih boz, penting banget.
    kalo cuma sedikit kirim lewat email ja boz
    ni emailnya, umam_sh@yahoo.co.id
    tolong konfirmasi y boz, paling tidak lewat email, pliiiis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ente download aja OS Ubuntu di ubuntu.com
      trus ente bakar di CD, otomatis dah jadi live CD. Jalananin aja itu CD, tanpa instal linux.

      Habis itu buka testdisk dengan mengetikkan di terminal
      sudo apt-get install testdisk

      Habis itu ente ubah ext4 jadi NTFS

      Delete

Komentar bonus nasi bungkus