Sunday, June 24, 2012

Khasiat dan Manfaat Ikan Tongkol

Ikan tongkol pastilah sudah diketahui hampir seluruh rakyat Indonesia. Karena ikan laut jenis ini banyak ditemui nelayan di perairan Indonesia. Ikan ini selalu menjadi favorit multi lapisan masyarakat. Selain rasanya yang memang enak dan dagingnya banyak, ikan tongkol terkenal kaya akan gizi. Tak heran jika negara Jepang banyak mengimpor ikan tongkol dari Indonesia. Nah, tahukah kawan apa saja khasiat dan manfaat ikan tongkol? Kita baca ulasan berikut ini.

1. Mencegah linu tulang dan reumatik.
Kawan dapat memperoleh khasiat ikan tongkol yang ini dengan menjadikannya sebagai menu utama sehari-hari. Kawan bisa merebus atau menggorengnya, tergantung selera. Karena khasiatnya terletak pada daging, akan sangat baik jika kita mengolah ikan tongkol segar. Untuk terapi reumatik yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup. Sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selama pengobatan ini, hindari mandi malam, hawa dingin, atau olah raga berlebihan.

2. Mengobati Anemia
Tanda-tanda anemia adalah cepat lelah, pegal-pegal di persendian, pucat, kuku dan kelopak mata pucat, dan terdapat garis-garis hitam dibawah mata. Jika anemia menyerang, segeralah kawan atasi. Pada kondisi tubuh yang demikian, virus mudah menyerang karena kekebalan tubuh sangat menurun. Yang harus dilakukan oleh tubuh adalah segera membentuk sel-sel darah merah agar sistem kekebalan menguat kembali. Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus. Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak. Sebagai pengobatan, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.

3. Membantu mencegah ejakulasi dini.
Jika kehidupan seksual sedang menurun, mungkin saja disebabkan oleh berbagai faktor. Di sini ikan tongkol akan membantu kawan dalam menghindarkan ejakulasi dini dan bisa tahan lama .
Caranya : ambil insang pada tongkol segar, rebus dengan daun jeruk purut 2 – 3 lembar dan sedikit garam hingga mendidih. Minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan. Sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi dagingnya secara teratur, akan meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan seksual anda.

4. Mencegah kulit kusam.
Kulit dibagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku sering terasa kasar dan kusam. Bagi kaum wanita hal ini sangat mengganggu penampilan dan kecantikan. Resep berikut bisa dicoba. Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.

Itulah khasiat dan manfaat ikan tongkol.
Semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Mas Win // 7:21 AM
Kategori:

0 Komentar:

Post a Comment

Komentar bonus nasi bungkus