Wednesday, February 16, 2011

Masih Bingung Dengan SEO

Ternyata setelah lebih dari tujuh bulan ngeblog, saya masih bingung dengan yang namanya SEO. SEO (Search Engine Optimization) menurut orang ahli, merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan bagi mereka yang menggeluti dunia blog dan web. Tetapi sejauh saya belajar SEO, masih sangat sedikit ilmu yang saya peroleh dan manfaat langsung yang saya dapatkan dari belajar SEO ini.

Dulu yang saya lakukan adalah dengan memasang meta tags. Itupun masih sangat umum. Kemudian juga blogwalking sana sini. Mencari blog terutama dofollow dari dalam maupun luar negeri dengan tujuan hanya mencari backlink. Sampai saya ketagihan blogging, setiap aktivitas saya yang saya ingat adalah blogging dan blogging. Tetapi dari usaha SEO tersebut, saya rasa hanya sedikit hasil yang saya dapatkan. Hal itu terbukti sampai sekarang pengunjung blog ini sehari pasti hanya berkisar dari 200 sampai 300 pengunjung perhari, atau bahkan hanya sekitar 150. Saya rasa hal itu adalah hal yang sia-sia. Lelah kerja tidak ada guna.

Sedangkan beberapa waktu yang lalu saya disuruh buatkan blog temenku untuk tugas kuliah. Blog pun jadi, dia yang posting. Setelah beberapa minggu, ternyata pengunjung blognya sangat banyak untuk kategori blog baru. Padahal, artikel yang dia posting adalah hasil copy paste sana sini. Tetapi kok bisa pengunjungnya banyak? Setelah dicek, kebanyakan pengunjungnya berasal dari google. Betapa mengherankan.

Dan sekitar satu bulan yang lalu saya mendapatkan cara cepat diterima adsense. Kemudian saya mencoba cara itu dan berhasil. Alhasil "lamaran" saya diterima dan kini iklan adsense terpasang dengan baik di sidebar. Namun pemasangan iklan tersebut akan percuma bila tak ada yang mau klik. Kemudian saya mencari artikel cara memaksimalkan pendapatan adsense. Salah satu cara untuk memperbanyak klik iklan adalah dengan menaikkan jumlah pengunjung, supaya kemungkinan iklan diklik semakin besar. Dan sekali lagi SEO mutlak dibutuhkan.

Nah, bagi sobat yang punya ilmu SEO yang terbukti ampuh, mungkin bisa di-share-kan atau dipostingkan. Nanti supaya bisa jadi referensi sobat yang lain. Supaya kebingungan saya tentang SEO juga berkurang. Sobat bisa memberi masukan ke saya. Terima kasih.

Oke, sekian dulu ya.

Ditulis Oleh : Mas Win // 8:47 PM
Kategori:

3 Komentar:

  1. klo SEO sich cuma gitu-gitu aja gan, yang penting bisa tampil di jendela SERP :p hehehe...

    ReplyDelete
  2. kalau saya ampun deh kalau sudah membahas seputar SEO, bikin kepala jadi tambah pusing

    ReplyDelete
  3. Saya masih Awam Tntang SEO
    Lagi Mau Nyiapin Blog Baru Buat SEO2an

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus