Tuesday, November 2, 2010

Gunung Api Selain Merapi yang Beraktivitas


Terhitung sejak Merapi meletus tanggal 27 Oktober 2010, sampai sekarang masih belum ada tanda-tanda untuk kembali stabil. Dan pemerintah masih memberi status "awas" pada Merapi. Korban yang meninggal tak kurang dari 29 orang dan satu diantaranya adalah seorang bayi dari Magelang. Bahkan sang juru kunci Merapi, Mas Penewu Soerakso Hargo (Mbah Maridjan) pun ikut menjadi korban keganasan Wedhus Gembel yang juga meluluhlantakkan daerahnya, desa Kinahrejo, Cangkringan, Sleman.


Ternyata, faktanya tidak hanya Merapi. Masih ada bebrapa gunung api di dunia yang menunjukkan peningkatan aktivitas. Berikut datanya:



1. Klyuchevskoy Volcano
Gunung yang terletak di  Kamchatka, Rusia ini menunjukkan adanya tanda-tanda akan meletus. Mengalami erupsi eksplosif dan efusif sejak minggu ke tiga Oktober lalu. Selain itu, gunung ini juga mengakibatkan hujan abu.


2. Sheveluch

Gunung ini mengalami hal serupa dengan gunung Klyuchevskoy Volcano. Pada tanggal 28 Oktober 2010 lalu, mengeluarkan abu vulkanik yang mencapai tinggi 23.000 kaki, persis seperti Merapi meletus. Penglihatan dengan satelit memperlihatkan bahwa abu vulkanik tersebar hingga radius 2.500 km di sebelah timur gunung. Hujan abu terjadi di Ust-Kamchatsk sehingga bandara setempat harus ditutup. 


 3. Piton de la Fournaise
Gunung ini berlokasi di negara Perancis. Peningkatan aktivitas terjadi pada tanggal 27 Oktober 2010. Aktivitas seismik meningkat dan gempa tektonik beberapa kali terjadi. Erupsi juga terjadi pada hari tersebut di sisi gunung bagian tenggara.

4. Grimsvotn Volcano
Terletak di Islandia, beberapa gempa vulkanik telah terjadi sejak tanggal 31 Oktober 2010. Banjir yang terjadi akibat es yang menutup gunung juga meningkat. Sekitar 130 meter kubik air mengalir setiap detiknya membanjiri wilayah sekitar gunung.

5. Gunung Anak Krakatau
Seperti yang sobat ketahui, gunung yang terletak di Selat Sunda ini pernah meletus hebat di tahun 1930an. Dan sekarang mulai menunjukkan adanya peningkatan aktivitas. Tak heran jika pemerintah kita menaikkan status dari "aman" menjadi "waspada". Aktivitas gempa vulkanik meningkat dari 20 kali per hari menjadi 35 kali per hari pada hari Jumat, 29 Oktober 2010. Abu vulkanik juga terlihat lebih tinggi, hingga 1 kilometer.



Itulah lima gunung di dunia selain Merapi yang juga mengalami peningkatan aktivitas.

Semoga bermanfaat bagi sobat.



Sumber: Kompas. Dengan perubahan seperlunya.

Ditulis Oleh : Mas Win // 4:45 PM
Kategori:

14 Komentar:

  1. semoga aktivitas gunung2 tersebut bisa dimonitor, sehingga apa pun kejadiannya bisa diantisipasi terlebih dahulu. :D

    ReplyDelete
  2. @Fir'aun NgebLoG: Iya sob. Setuju.

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya, saya kira hanya di indonesia yang gunung apinya banyak mengalami peningkatan aktivitas

    ReplyDelete
  4. @Cerita Dewasa: Ya, tidak hanya di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Wah artikel bagus dan sangat informatif.

    Yang harus berperan penting disini adalah BMG "Badan Meteorologi dan Geofisika" selaku pemantau kejadian-kejadian alam, hehehe (",)

    Salam balik mas n keep writing articles that are useful (",)

    ReplyDelete
  6. banyak berdoa smoga bencana ini cpt usai

    ReplyDelete
  7. Hanya bisa mensyukuri diberi peringatan seperti ini sehingga kita semakin dekat dengan tuhan. Semakin banyak informasi kita semakin siap dengan segala kondisi yang terburuk

    ReplyDelete
  8. Sekali aktif temen2nya aktif juga ya Sob... semoga yg krakatau gak ngikut meletus hhe... soalnya itu yg paling bahaya.... apalagi klo bukan anaknya yg meletus ....

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak juga yah..
    Anak Krakatau juga..
    semoga gak ada korban jiwa nih..

    ReplyDelete
  10. Masih ada gunung yang berada di Indonesia yang kesebut namanya... Semoga saja nggak meletus, sehingga tidak menambah derita negri ini...

    ReplyDelete
  11. Semoga aja gunung2 lain gak meletus kaya merapi ya.. walaupun dah memberikan tanda2 utk itu.. amin

    ReplyDelete

Komentar bonus nasi bungkus